Tuesday, December 27, 2016

PENTING! Inilah 10 Cara Mengetahui Orang yang Sedang Berbohong Dari Gerak-geriknya


BeneranBerita - Jika kita mau mempelajarinya dan memperhatikan, ada cara untuk mengetahui apakah orang yang sedang kita ajak berbicara itu berbohong atau tidak. Yaitu dengan melihat bahasa tubuh orang tersebut.

Bahasa tubuh merupakan salah satu cara seseorang menyampaikan pesan. Karena itu penting bagi kita untuk mempelajari gerak-gerik alias bahasa tubuh dari seseorang. Salah satunya mempelajari bahasa tubuh seseorang yang sedang berbohong.



Berikut ini adalah 10 Gerak-gerik orang yang sedang berbohong:

1. Mengulangi pertanyaan Seseorang yang berbohong cenderung mengulangi pertanyaan ketika kita bertanya kepadanya. Misalnya, kita bertanya “Ke mana kamu tadi malam?” jika ia berbohong ia akan cenderung balik bertanya, “Ke mana aku tadi malam?”

2. Mengambil jeda dalam berbicara Pembohong akan terdiam sejenak ketika tiba-tiba ditanyai pertanyaan yang sulit. Maksudnya adalah untuk memikirkan kebohongan apa yang hendak disampaikan.

3. Menjelaskan tidak detail Kita mungkin berpikir bahwa pembohong akan berbelit-belit ketika menjelaskan sesuatu. Namun penelitian membuktikan bahwa sebetulnya pembohong cenderung menjelaskan sesuatu dengan tidak detail dan cenderung singkat.

4. Sangat sering menggunakan kata “sejujurnya..” Seorang pembohong akan berusaha menegaskan kebohongannya agar pernyataannya terlihat benar. Ia sering menggunakan kata “sejujurnya” “sebenarnya” dengan tujuan penegasan, bukan pengakuan.

5. Lambat dalam menjelaskan sesuatu Seorang yang berbohong biasanya memperlambat kata-katanya ketika mulai berbicara. Perhatikan irama dan nada bicaranya, jika dimulai dengan lambat, kemungkinan besar ia berbohong.

6. Tiba-tiba berbicara formal Tipikal orang yang sedang berbohong ialah tiba-tiba berbicara formal dan tampak tidak santai walau berada di suasana yang santai.

7. Kalimatnya terpotong-potong Saat seseorang berbohong ia cenderung kehilangan kata-kata untuk menjelaskan maksudnya. Bukan terbata-bata, ia cenderung bicara tidak beraturan.

8. Ia sulit menceritakan kronologis cerita Dalam interogasi tersangka, polisi biasanya meminta mereka untuk menceritakan ulang kronologi cerita yang disampaikannya. Kalau ia berbohong, ia akan sulit menceritakan kembali apa yang sudah disampaikannya sebelumnya.

9. Senang jika topik pembicaraan teralihkan Jika kita mencurigai seseorang berbohong, cobalah segera mengalihkan topik pembicaraan. Umumnya, orang yang jujur akan bingung dengan topik pembicaraan yang berganti tiba-tiba. Namun pembohong akan senang jika topik dialihkan untuk menghindari “kebohongannya” yang tadinya dibahas.

10. Sulit menjawab pertanyaan spontan Polisi juga melakukan hal ini ketika menginterogasi seseorang. Awalnya ia ditanyai dengan pertanyaan yang sangat ringan, namun tiba-tiba ia ditanyai dengan pertanyaan yang lebih sulit. Jika ia terkejut dan terbata-bata, kemungkinan ia berbohong.

Nah, dengan 10 cara di atas, kamu bisa mengetahui apakah orang itu sedang berbohong atau tidaknya. Janganlah Anda menjadi orang yang mudah dibohongi.

Back To Top