MENGERIKAN !!! Inilah 7 Efek Berbahaya Makan Junk Food

iklan

Junk food itu memang enak. Tapi, tahukan Anda kalau makan junk food itu sebenarnya berbahaya sekali???

Junk Food merupakan makanan favorit di semua kalangan. Sayangnya, kelebihan mengomsumsi junk food menyebakan berbagai macam penyakit berbahaya. Mengapa? Kandungan nutrisi yang terdapat di junk food kurang sesuai dengan standart kesehatan.

Gula, lemak jahat, dan karbohidrat olahan merupakan makronutrien yang paling banyak ditemukan pada junk food. Menurut Jim White, PhD, karbohidrat olahan tepung putih, kue manis dan kue dalam kemasan, keripik, dan kentang goreng dapat menyebabkan obesitas serta dapat mengganggu kondisi fisik sehingga dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh.



Inilah 7 efek berbahaya apabila terlalu banyak memakan junk food:



1. Penuaan dini

Gula dan lemak trans dapat memicu respon inflamasi serta dapat menaikkan kadar insulin dalam tubuh. Inflamasi dapat menyebabkan peradangan serta mempercepat penuaan dini dengan cara menonaktifkan antioksidan di dalam tubuh. Sebagai hasilya, warna kulit menjadi tidak cerah dan sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

2. Dapat Membuat celana jeans Anda kesempitan

Junk food banyak mengandung sodium dimana fungsi sodium itu sendiri sebagai pengatur jumlah darah dalam tubuh, serta dapat menarik dan menahan air di dalam tubuh. Terlalu banyak sodium di dalam tubuh dapat menyebabkan sel-sel tubuh penuh dengan cairan sehingga membuat perut dan pinggang menjadi gemuk

3. Sembelit

Roti putih, nasi putih, dan produk olahan lainnya dapat menyebabkan sembelit karena mengandung sedikit serat. Apabila tubuh juga mengalami dehidrasi, kondisi tubuh akan semakin memburuk. Jika anda salah satu penggemar junk food dan minuman beralkohol atau minuman bersoda (dan melupakan air putih), maka jadwal ke toilet menjadi kacau dan perut terasa penuh akibat BAB.

4. Asam lambung naik

Makanan tinggi lemak jenuh merupakan makanan yang susan untuk dicerna sehingga akan mengganggu regulasi asam lambung. Ketika makanan tersebut tidak tercerna dengan baik, maka asam lambung akan naik ke kerongkongan, menyebabkan mulas, sakit dada, dan tenggorokan seperti terbakar.

5. PMS berat

Gula dan pati dalam makanan cepat saji dapat mempengaruhi zat kimia di otak dan membuat suasan hati menjadi buruk. Kopi yang banyak mengadung gula adalah salah satu jenis minuman yang akan membuat periode haid Anda semakin berat.

6. Ketergantungan aspirin

Tyramine dipercayai sebagai zat kimia pemicu sakit kepala. Tyramine dapat ditemukan dalam makanan dengan pewarna tambahan dan nitrat (ditemukan di dalam h*t dog dan daging olahan lainnya).

7. Mengacaukan mood

Orang yang makan banyak junk food lebih mungkin untuk mengalami depresi. Bahkan jika Anda tidak kecanduan, menyantap makanan yang tidak sehat akan membuat Anda merasa buruk.

Setelah mengetahui efek berbahaya makan junk food seperti dituliskan di atas, masihkah Anda mau makan junk food??? Jagalah kesehatan Anda. Karena sudah pasti banget kalau sakit itu tidak enak.

0 Response to "MENGERIKAN !!! Inilah 7 Efek Berbahaya Makan Junk Food"

Post a Comment