Saturday, December 24, 2016

Mau Kurus? Lakukan 4 Hal ini Sebelum Diet !!!


Percayalah, menurunkan berat badan itu nggak semudah menaikkan berat badan. Butuh usaha dan semangat yang tinggi agar berat badan bisa ideal. Terlebih lagi jika target berat badan yang harus diturunkan cukup jauh.

Bila semangat dan keteguhan hati mencapai berat badan ideal sudah dimiliki, hal berikutnya yang kamu butuhkan adalah prosedur yang tepat.



Diet atau olahraga secara serampangan mungkin pada akhirnya akan membuat berat badanmu turun. Tapi penurunan tersebut bisa jadi membawa efek samping yang tidak mengenakkan. Atau malah sudah susah payah berusaha, berat badanmu tidak jua kunjung turun.

Lantas, bagaimana sih sebenarnya prosedur menurunkan berat badan yang baik dan benar? Sebelum memulai ke program yang sebenarnya, ada 4 hal yang sebaiknya kamu lakukan:

1. Penuhi Kulkas Dengan Makanan Sehat


Negarawan Amerika, Benjamin Franklin pernah berkata “If you fail to plan, you are planning to fail“. Karena itu selain membekali diri dengan niat, langkah menurunkan berat badan juga butuh persiapan dan rencana yang matang. Salah satu persiapan sederhana yang bisa dilakukan adalah memenuhi kulkas dengan makanan-makanan sehat.

Bila sebelumnya kulkasmu dipenuhi oleh makanan-makanan beku siap saji dan kudapan-kudapan manis, maka gantilah dengan makanan-makanan segar agar proses penurunan berat badan bisa berjalan lebih lancar.

Kamu bisa penuhi kulkas dengan daging-dagingan, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, sumber lemak sehat, dan buah-buahan. Dengan melakukan hal ini, jika mendadak lapar di malam hari, kamu dapat meredakannya dengan makanan-makanan yang tetap menyehatkan.

2. Rencanakan Makanan Sehari-hari
Proses penurunan berat badan bukan cuma tentang bagaimana mengolah tubuh, tapi juga tentang mengatur asupan yang masuk ke tubuh. Karena itu setelah memenuhi kulkas dengan makanan sehat, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat rencana makan sehari-hari.

Bingung menentukan rencana makanan sehari-hari yang ideal? Kamu bisa coba ikuti rancangan dari seorang ahli nutrisi, Dr. Lauryn Lax:


  • Sarapan: 
    Protein, sayur-sayuran, lemak sehat, dan buah-buahan.
  • Makan Siang: Protein (ukuran saji seukuran 1-2 telapak tangan), sayur-sayuran, dan lemak (ukuran saji seukuran 1-2 jempol tangan).
  • Makan Malam: Protein, sayur-sayuran, dan lemak (ukuran saji seukuran 1-2 jempol tangan).
  • Kudapan: Protein atau protein + lemak, protein + buah/sayur atau lemak + buah/sayur.


3. Olahraga? Nanti Dulu


Ketika berusaha memulai program penurunan berat badan, sebaiknya jangan buru-buru melakukan olahraga yang terlalu berat. Kamu bisa memulai dengan olahraga-olahraga ringan seperti….jalan kaki.

Jadikan berjalan kaki sebagai kebiasaan barumu. Ganti kendaraan pribadi dengan kendaraan umum agar jadi lebih sering berjalan kaki. Setelah beberapa minggu, barulah kamu bisa mulai coba pilah-pilih jenis olahraga yang cocok.

Sekadar saran juga, sewaktu memilih jenis olahraga jangan cuma berdasarkan pada “kata orang olahraga ini bisa cepat menurunkan berat badan.” Pilihlah olahraga yang kamu sukai supaya tetap semangat sepanjang proses penurunan berat badan.

4. Tetap Semangat dan Tidur Cukup


Terakhir dan juga yang paling penting adalah tetap semangat. Semua proses tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik bila kamu tidak punya semangat dan komitmen. Agar bisa tetap semangat, coba deh buat mantra yang bisa membantumu mengingat kembali tujuan kamu menurunkan berat badan.

Jangan lupa juga untuk cukup tidur selama menjalani proses ini. Tujuan akhir proses penurunan berat badan bukan cuma berkurangnya angka timbangan, tetapi juga memiliki tubuh yang lebih sehat.

Back To Top