Friday, December 16, 2016

Beginilah Caranya Membuat Bawang Goreng Renyah

Bawang goreng memiliki banyak sekali kegunaan khususnya bagi dapur kita, karena hampir semua makanan membutuhkan dan akan menjadi lebih sempurna jika di sajikan lengkap dengan bawang goreng.

meski begitu, tidak semua orang bisa membuat bawang goreng yang renyah dan juga memiliki warna yang cantik. Sehingga Anda memerlukan Resep Membuat Bawang Goreng Renyah ini untuk membuat bawang goreng yang cantik dan juga renyah.



Sebenarnya ada banyak sekali bawang goreng yang dijual di toko – toko maupun di pasar – pasar tradisional, namun begitu belum dapat di pastikan kemurnian dan kesehatan atas bawang goreng tersebut. Maka sangat di perlukan untuk membuat bawang goreng sendiri di rumah agar kita merasa yakin dan merasa aman dengan bawang goreng yang akan kita konsumsi.

Berikut ini dapat Anda simak Resep Membuat Bawang Goreng Renyah:


Bahan:
  • 1 kg bawang
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm tepung maizena
Cara membuat :
  1. Pilih bawang yang berkulitas


  2. Pilihlah bawang merah yang masih segar, ukurannya sedang, kalau ada yang besar dan kulitnya yang tidak basah. Agar bawang yang tidak hancur waktu di iris tipis serta memudahkan dalam proses memotongnya.


  3. Iris Tipis. Awalnya mengiris bawang secara manual pakai pisau, hasilnya nggak rata, ada yang tebal dan tipis dan itu berpengaruh waktu menggoreng, sebagian sudah coklat dan sebagian lagi belum. Di sarankan untuk memakai alat pemotong bawang agar hasilnya potongannya rata dan hasil gorengannya juga mateng nya merata.


  4. Taburkan garam dan maizena
    Setelah bawang merah di kupas, di cuci bersih dan di iris tipis, tambahkan garam sesuai selera dan di aduk aduk rata, diamkan sebentar. Setelah itu di taburi tepung maizena sedikit, di sesuaikan dengan banyaknya bawang goreng. Lalu di aduk rata dan diamkan sebentar. Maizena dan garam yang membuat bawang goreng menjadi renyah.


  5. Masak dengan api kecil
    Waktu proses memasaknya, gunakan minyak yang banyak dan dengan api yang kecil agar tidak cepat gosong, aduk aduk sampai semuanya matangnya merata.


  6. Simpan dalam wadah kedap udara
    Sewaktu bawang goreng sudah berwarna kuning langsung di angkat dan di tiriskan, karena panas minyak goreng akan membuat bawang goreng menjadi kecoklatan meski sudah di angkat dari minyak. Oleh karenanya jangan terlambat mengangkat bawang goreng, jangan sampai berwarna kecoklatan, hasilnya bawang gorengnya gosong dan pahit. Lalu di tiriskan sambil di tekan tekan agar minyaknya habis, lalu sediakan tampah / baki yang sudah di alasi Koran dan atasnya di alasi lagi dengan tissue agar sisa minyaknya di serap oleh tissue sambil di tekan tekan kembali pakai tissue, agar bawang gorengnya semakin kering. Lalu sediakan toples atau wadah yang kedap udara untuk menyimpan bawang goreng. Sebelum di masukan ke dalam toples pastikan bawang gorengnya dalam keadaan dingin dan minyaknya sudah habis, agar menghasilkan bawang goreng yang renyah dan kering serta tahan lama.


Tak baik juga jika kita dapat membuat bawang goreng yang enar tanpa mengetahui manfaat dan kegunaan bawang sendiri bagi tubuh kita, Bawang goreng tidak bisa di anggap sepele dalam kehadirannya di bumbu masakan. Bawang goreng dapat membuat masakan menjadi lebih sedap dan gurih, dan aromanya yang menambah selera makan. Misalnya di masakan nasi goreng, soto, gado gado, mie goreng, semur dll, jika bawang goreng di tabur di atasnya makanan makanan tersebut akan menambah cita rasanya serta bawang goreng memiliki zat MSG alami yang dapat membuat makanan menjadi gurih, nggak usah pakai MSG masakan sudah gurih, dan rasa gurihnya alami serta sehat.



Back To Top